Berbagai Jenis Kapal Untuk Tujuan Ekspedisi Laut Di Indonesia

By | September 17, 2020

Ekspedisi Muatan Kapal Laut

liquidtorrent.org – Berbagai Jenis Kapal Untuk Tujuan Ekspedisi Laut Di Indonesia, Apa Itu Ekspedisi Muatan Kapal Laut adalah salah satu perusahan di bidang logistik yang sudah memiliki ijin legalitas dari pemerintah septempat untuk memberikan layanan pengiriman barang besar dan berat menggunakan kapal laut. Dalam hal ini biasa disebut juga ngengan Cargo Laut.

Jasa ekspedisi kapal laut sendiri menjasi salah satu alternatif yang paling banyak digemari di Indonesia, karena tahu sendiri negara Indonesia ini terdiri dari negara kepulauan sehingga luas daratan dan lautan lebih luas lautan. Penggunaan Kargo laut pun bisa dijangkau dengan harga lebih murah dengan muatan yang lebih banyak pula.

Jenis Kapal Untuk Ekspedisi Laut Yang Biasa Digunakan

Ternyata untuk ekspedisi laut ini ada beberapa jenis kapal laut yang biasa digunakan, tidak hanya satu jenis saja. dan Di artikel kali ini saya akan memberikan contoh yang biasa digunakan untuk Tujuan Ekspedisi Laut di Indonesia.

Kapal Untuk Tujuan Ekspedisi Laut
  • Kapal Kargo Curah

Salah satu jenis kapal yang digunakan untuk transportasi angkutan laut atau sea freight transport adalah kapal kargo curah atau bulk carrier. Kapal jenis ini adalah kapal angkut yang memiliki populasi paling banyak di seluruh dunia. Kapal ini memiliki fungsi untuk mengangkut atau membawa kargo curah seperti batu bara, biji besi, biji-bijian, mineral dan beberapa bahan mentah lainnya.

Kapal ini memiliki perbedaan dengan kapal kargo secara umum, karena kapal ini hanya dapat mengangkut satu jenis kargo saja. Kapal kargo curah atau yang bernama Bulk Carrier termasuk tipe single decker dan tidak dapat mengangkut kontainer.

  • Kapal Kargo Umum

Jenis kapal yang digunakan untuk transportasi angkutan laut atau sea freight transport adalah kapal kargo umum. Kapal jenis ini pertama kali diproduksi secara masal pada masa perang dunia ke 2. Kapal ini dapat menampung berbagai jenis kargo, mulai dari kargo kantung/karung, kargo curah, dan container. Kapal jenis ini dapat menampung kapasitas mulai dari 5.000 dwt hingga 25.000 dwt

Kapal general cargo modern memiliki dua buah deck yang disebut juga dengan nama “twin decker “yang memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan single deck. Kapal general cargo sering disebut sebagai kapal multifungsi karena dapat menampung berbagai jenis muatan.

  • Kapal Kontainer

Jenis kapal yang digunakan untuk transportasi angkatan laut atau sea freight transport berikutnya adalah kapal container. Kapal jenis ini adalah kapal yang dapat menampung peti kemas dengan jumlah tertentu dari satu tempat ke tempat lainnya. Container sendiri adalah suatu peti kemas berbentuk box dan berisi berbagai variasi muatan tertentu

  • Kapal Tanker

Salah satu jenis kapal yang digunakan untuk transportasi angkutan laut atau sea freight transportation adalah kapal tanker. Jenis kapal yang satu ini memang dirancang untuk mengangkut minyak atau beberapa material lainnya. Kapal tanker memang dibuat dengan sistem keselamatan tinggi dan dirancang untuk memenuhi standar keselamatan para awak kapal karena material yang dibawa cukup berbahaya.

Jenis kapal tanker dibagi sesuai bahan material yang dibawa. Ada kapal tanker yang berfungsi untuk mengirimkan minyak baik yang dalam bentuk minyak mentah ataupun memang yang sudah diproses sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, ada kapal tanker yang memang berfungsi untuk membawa bahan atau material kimia yang bernama chemical tanker. Beberapa material yang biasanya dibawa adalah soda kaustik dan metanol.

Nah itu tadi beberapa jenis kapal yang biasa digunakan untuk Tujuan Ekspedisi Laut Di Indonesia, semoga artikel bisa membantu anda yang telah membaca artikel ini. Terima Kasih telah membaca sampai jumpa lagi di artikel saya yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *